Pesan Cake Online Hanya di Pawon Neng Geulis

Rabu, 30 Mei 2012

Kue Ulang Tahun Anak Unik Bentuk Ulet



Kue ulang tahun anak unik bentuk ulet ini sebenarnya sudah jadi 'kue tradisi' buat anak2 saya he3x..Sejak anak ke 1 yang sekarang sudah SMP sampe anak ke 3 yang sekarang umur 5 tahun, anak2 selalu request minta dibikinin kue ulet he3x.

Pertama bikin kue ulang tahun bentuk ulet ini saya liat dari buku resep kue ulang tahun koleksi saya, tapi karena buku2 tersebut sudah hilang kena rayap hiks... Jadi deh saya nggak bisa cerita atau share resep kue pertama yang saya buat yah he3x.

Karena udah mepet waktunya dengan ulang tahun dhe wisnu (anak ke 3 saya) akhirnya browsing resep deh secara online. Yang penting buat saya dasar kue ulang tahunnya harus kue coklat yang tidak begitu manis supaya bisa pas dengan butter creamnya.

Akhirnya nemu resep yang cocok dengan "ingatan" masa lalu saya saat pertama kali bikin kue ulang tahun ulet ini.

Resep dasar cake cokelat
------------------------------------

by SajianSedap


Bahan Cake:
6 butir telur
150 gram gula pasir
1/2 sendok makan emulsifier (sp/tbm)
175 gram tepung terigu protein sedang (Saya pake Kunci Biru Bogasari )
25 gram cokelat bubuk ( Saya pake merk Cocoa )
1/2 sendok teh baking powder
25 ml susu cair ( Saya pake Ultra UHT yang plain )
100 gram margarin, dilelehkan (menjelang mau dimasukkan saja )
1/4 sendok teh cokelat pasta

Biasakan 
- Menimbang semua bahan yah sebelum proses baking/cooking, supaya tinggal cemplang cemplung aja jadi tidak repot dan tidak berhenti ditengah2 ritual baking/cooking.
- Mengoles loyang dengan mentega ( ada yang perlu dialasi kertas roti ada juga yang tidak dialasi kertas , semua tergantung resep yah ).
- Panaskan oven minimal 15 menit sebelum adonan masuk yah.



Proses Baking:
1. Kocok telur , gula pasir dan TBM sampai mengembang yah.
2. Setelah mengembang masukkan tepung terigu, coklat bubuk dan baking powdernya sambil diayak supaya rata yah. ( Note. Diaduk beda dengan dikocok yah, kalau diaduk berarti menggunakan spatula/sendok plastik bukan pake mixer yah ).
3. Setelah proses mengaduk terigu rata , masukkan mentega leleh , susu cair dan pasta coklat sedikit2 sambil tetap diaduk rata yah.
4.  Tuang ke loyang bolu ya trus di oven selama 30 menit dengan suhu 180 C( tergantung oven masing2 sih, kenali oven masing2 yah ).


Penampakan cake dg loyang 30x30x4cm ya , satu coklat satu putih supaya maching aja kalau diiris

Catetan Neng
- Bikin dari 3 cake dengan resep diatas. 1 cake dengan loyang bolu ukuran standart, 2 cake dengan loyang ukuran 30x30x4 cm yah.
- 1 Cake ukuran 30x30x4cm karena kehabisan coklat bubuk jadinya tanpa coklat bubuk he3x..(males beli lagi) . Kalau ga punya coklat bubuk ganti aja ukuran coklat bubuk dengan tepung terigu ukuran sama yaitu 25gr seperti di resep yah.
- Untuk bikin bentuk ulet, cake dengan loyang bolu dibagi dua dan ketemukan ujungnya menjadi seperti ulet atuu huruf S yah.
- Karena bagian bawah terdiri dari 2 lapis cake ukuran 30x30x4cm maka sebelum ditumpuk saya mengoles dengan selai strawberry yang pas kebetulan ada dikulkas he3x..kalau mau diisi butter cream juga ga apa2 kok.


Butter Cream
--------------

by Mbak Ani

500gr Mentega putih (butter Australia)

250ml susu kental manis

5sdm air garam

200 gr gula pasir direbus dengan air garam hingga larut yah


* Semua di mixer jadi satu yah sampe mengembang 2x lipat. Kalau saya dikasi rhum dikit aja.

Daaann Taraaaa.....dhe wisnu yang ulang tahun seneng dengan buatan mamanya ini he3x..juga temen2nya yang datang dan baru sekali liat kue uletnya.


Met ulang tahun ke 5 ya Dhe Wisnu Sayang

3 komentar:

dina mengatakan...

Hai mbak Nitha (bener kan namanya?*sotoy) salam kenal.. Kuenya bagus deh, pasti dhe Wisnu seneng banget ya. Lucu ya, ada tradisi bikin kue yang sama temanya. Makasih udah sharing mbak, blognya informatif. Sukses ya mbak. -Dina, emakrempong.wordpress.com

Neng Nitha Geulis mengatakan...

Mbak dina...makasih ya udah main kesini..iya mbak tradisi udah hampir 11 tahun, emaknya ga maju2 ilmunya hihihi..makanya mau nambah ilmu lagi...senang bisa berkenalan.

Liana T mengatakan...

Kreatif dan bagus ...anaknya pasti seneng.
Gimana cara pesan nya ?

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...