Pesan Cake Online Hanya di Pawon Neng Geulis

Rabu, 26 September 2012

Praktek Resep Cake Pisang Tanpa Mixer Sambil Liat You Tube Lagu GangNam Style Psy

Udah lama ingin praktekin resep Cake Pisang Tanpa Mixer ini setelah berhasil bikin cake tape keju lembut yang rasanya bener2 nendang...he3x. Sebenarnya pernah sih bikin kue yang nggak pake di mixer tapi cuma muffin coklat tanpa di mixer.

Penasaran nggak akan terjawab kalau belum dicoba hahahaha..
Bahan yang digunakan kebetulan gampang dan ada semua di stok baking..
Yang jelas untuk resep kali ini dalam resep asli boleh menggunakan minyak atau butter, berhubung saya fanatik dengan butter jadi biarpun baru mau tes resep tetap  menggunakan butter. Tapi kalau teman2 mau mencoba menggunakan margarin seperti blue band, forvita maupun minyak goreng silahkan saja ya. Semua kembali ke selera.




Resep ini saya dapat dari milis NCC yah. Makasih buat mbak nia yang udah share resepnya. Hasil cakenya betul2 legit menurut saya, dan ini tipe cake pisang yang saya cari selama ini yaitu padat seperti butter cake dan aroma pisang yang sangat terasa berpadu dengan aroma butter dan gula palm-nya ampuun dah...nggak cukup sepotong he3x.

Oya , saat mencari pisang ambon saya lebih sreg di GIANT dibagian buah yang di sale 50%, kenapa ? karena pisang yang diskon biasanya sudah mateng sekali, kulitnya terkadang ada yang hitam. Tapi jangan terkecoh dengan hitamnya kulit justru hasil cake akan lebih legit. Hitamnya kulit pisang sebenarnya daging bagian dalamnya masih bagus lho...jadi lumayan kan dapat harga 5000 untuk 4 buah pisang SUNPRIDE kualitas bagus.

Bolu Pisang Tanpa Mixer
by Mbak Nia 

Bahan Kering :
200 gr tepung terigu
150 gr gula pasir
50   gr gula palm/gula aren ( saya pake palm suiker )
2 sdt baking powder
1 sdt baking soda
1/2 sdt garam
1/2 sdt kayu manis bubuk

Bahan Basah :
175 ml minyak goreng / 1 bungkus butter dilelehkan
3 butir telur
4 - 6 buah pisang ambon/pisang raja dihaluskan

Cara Membuat :
1. Kalau menggunakan oven panaskan terlebih dahulu ovennya dengan suhu 180 derajat, apabila menggunakan kukusan maka panaskan kukusan terlebih dahulu.
2.  Untuk bahan kering : tepung, baking soda, baking powder, garam dan kayu manis bubuk diayak terlebih dahulu baru dicampur dengan gula.
3. Begitupun dengan bahan basah dicampur dalam satu wadah.
4. Masukan bahan kering kedalam bahan basah sedikit -sedikit sambil di aduk rata.
5. Tuang kedalam loyang tulban 22 cm yang sudah dioles mentega  atau loyang kotak ukuran 22 tinggi 3 cm yang sudah diolesi mentega dan dialasi kertas roti.
6. Panggang / kukus hingga matang, kalau saya karena dipanggang menggunakan oven saya sekitar 40 menit (saya suka cake pisang yang matang kegelapan hihihi)

Taraaaaa....
Euunak banget deh cakenya...

Note:
Untuk mendapatkan warna cake yang gelap saya lebih suka mendiamkan pisang yang sudah dihaluskan sekitar 10 menit. Ini sih hasil percobaan saya, dan berhasil mendapatkan tekstur dan warna cake kegelapan juga berserat he3x....tapi tergantung selera juga yah.





0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...